MENUMBUHKAN MINAT BACA



Buku adalah gudangnya ilmu dan membaca adalah kuncinya

Pribahasa tersebut sudah sering terngiang di telinga kita, bahkan sudah hapal diluar kepala. Tetapi tidak sedikit orang termasuk mungkin kita sendiri yang tidak peduli akan manfaat dari membaca. Pola pikir dan cara pandang seseorang yang suka membaca akan selalu berfikiran fositif dibandingkan mereka yang jarang bahkan tidak suka membaca.
Banyak sekali manfaat yang akan kita peroleh dari kebiasaan kita membaca, sebagai contoh ketika kita mempunyai keinginan untuk berkeliling dunia tetapi terbentur dengan masalah ekonomi maka membaca bisa jadi solusi paling pas. Jadi sangat penting sekali kita tumbuhkan pada diri kita sendiri untuk suka membaca.
Tidak sedikit orang yang minat akan baca sangat kurang dengan berbagai macam alasan, seperti sibuk dengan pekerjaan, tidak punya waktu luang dan sebagainya. Untuk itu pada kesempatan saat ini penulis akan mencoba berbagi pengalaman tentang trik menumbuhkan minat baca. Tidak bermaksud menggurui tetapi ingin sharing saja tentang pengalaman penulis yang sama-sama sedang belajar menumbuhkan akan minat baca penulis.
Berikut tips-tipsnya :
a.       Alokasikan waktu 10 menit untuk membaca buku apa saja setiap hari.
b.      Baca buku yang sesuai dengan kesukaan anda
c.       Letakan buku-buku di tempat yang sering di lalui, biarkan buku bertebaran dimana agar kita mudah mengambil ketika kita sedang bersantai. Bukan berarti tidak boleh rapi, tetapi biasanya ketika kita melihat buku berjejeran rapi di lemari, kita kadang-kadang suka malas untuk mengambil buku tersebut karena malas merapihkan kembali.
d.      Tambah terus koleksi buku anda dengan membuat perpustakaan pribadi.
Untuk menambah koleksi buku bacaan anda, bisa dilakukan beberapa tips berikut :
1)     Manfaatkan perpustakaan terdekat ( perpustakaan umum, sekolah )
Maksudnya dengan mendatangi perpustakaan tersebut kita cari buku yang sesuai dengan minat anda kemudian pinjam, bukan untuk dimiliki selamanya... J
2)     Bersilaturahmi ke rumah saudara, teman atau tetangga.
Maksudnya apa ya,, ?
Tujuannya sambil  anda silaturahmi barang kali mereka punya buku yang sesuai dengan minat kita, bisa kita pinjam bahkan bisa kita pinta untuk menambah koleksi bacaan perpustakaan pribadi kita.
3)     Membeli dari toko buku.
Untuk bagian ini mungkin sebagian orang dirasa berat, apalagi bagi seorang pelajar yang sumber keuangannya masih berasal dari orang tua. Tapi tenang saja hal ini bisa kita siasati dengan cara seperti yang penulis lakukan yaitu dengan sedikit menyisihkan uang jajan harian kita.
Caranya terserah anda, atau boleh juga melakukan seperti yang penulis lakukan. Caranya siapkan botol bekas air mineral atau bebas terserah anda, kemudian isi botol bekas tersebut setiap hari dengan uang yang kamu sisihkan dari uang jajan kamu, besar kecilnya terserah, mau 1000, 2000 atu berapa saja yang penting tiap hari terisi.
Kalo satu bulan saja kita rata-ratakan 29 hari saja, berarti tabungan untuk buku dengan asumsi menyimpan Rp. 1000 per hari, maka kamu sudah punya Rp. 29,000. Lumayan dengan dana tersebut kita sudah bisa membeli sebuah buku untuk menambah koleksi perpustakaan pribadi anda.

Itu saja yang bisa penulis bagikan, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah atusias kita terhadap membaca.

0 komentar:

Posting Komentar